Pengertian HCI Audio dan Video Converting

Wednesday, January 16, 2013

PENGERTIAN HCI



          Human Computer Interaction (HCI) adalah sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Saat kita menggunakan komputer, kita sedang berinteraksi dengan komputer. Di waktu ini kita sedang memberikan perintah kepada komputer, dan sistem komputer menerima perintah kemudian ditanggapinya hingga pekerjaan kita selesai. Definisi HCI, Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.

          Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena di sekitar manusia itu sendiri. Bukan untuk mempelajari komputer ataupun manusia, tetapi untuk menjadi jembatan yang menghubungkan manusia dengan komputer.

         Oleh Baecker dan Buxton [dalam PRE94] HCI ini didefinisikan sebagai "set of processes, dialogues, and actions through -which a human user employs and interacts with computer". ACM-SGCHI [dalam PRE94] lebih jauh menuliskan definisi tentang HCI sebagai berikut:
--- human-computer interaction is a discipline concerned with the design, evaluation and implementation of interactive computing system for human use and with the study of major phenomena surrounding them. "
Dengan demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanya saja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian, mudah untuk dipelajari dlsb.
Tujuan dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sstem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
Pendapat Preece, J. di atas didasarkan pada pemikiran yang menyatakan bahwa kepentingan pemakai sistem harus didahulukan, pemakai tidak bisa diubah secara radikal terhadap sistem yang telah ada, sistem yang dirancang harus cocok dengan kebutuhan-kebutuhan pemakai.
Selanjutnya, dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai pertama kali akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti papan ketik (keyboard), monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. Pemakai harus dapat mengoperasikan seperangkat alat tersebut. Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon. Peralatan, perintah, ikon dan lain-lain yang disebutkan di atas dikenal dengan nama interface (antarmuka). Interface ini merupakan lapisan pertama yang langsung bertatap muka dengan pemakai.

30 comments:

  1. Nice info, kuliah hci juga gan?

    ReplyDelete
  2. Nice info, kuliah hci juga gan?

    ReplyDelete
  3. tolong di perbaiki tampilanya..

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. artikelnya bagus dan sangat membantu :)
    My blog

    ReplyDelete
  6. artikelnya sangat bermanfaat bagi saya
    semoga bisa bermanfaat bagi yang lainnya :)
    Myblog

    ReplyDelete
  7. thnks articel good
    kungungi blohg iniMy blog

    ReplyDelete
  8. ehm.. yap berguna nambah" pengetahuan
    kunbal gan http://blog.binadarma.ac.id/novrihadinata

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..

    My blog

    ReplyDelete
  11. Artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih



    http://blog.binadarma.ac.id/irman_effendy/

    ReplyDelete
  12. Artikelnya sangat jelas dan bermanfaat sekali , Terima Kasih ya ...
    My blog

    ReplyDelete
  13. artikelnya sangat bermanfaat,terima kasih

    ReplyDelete
  14. Artikelnya bagus dan bermanfaat terimakasih...
    My blog

    ReplyDelete
  15. Artikelnya bagus dan bermanfaat terimakasih...
    My blog

    ReplyDelete
  16. Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
    My blog
    My Campus

    ReplyDelete
  17. Grab the opportunity with great pricing plans at our platform as we use the authentic and genuine techniques to provide real Twitter followers.

    ReplyDelete
  18. Grab the opportunity with great pricing plans at our platform as we use the authentic and genuine techniques to provide real Twitter followers.

    ReplyDelete
  19. it will give you a detailed insight into your partner’s personality and then, you will have a brillentand better idea about the strong points of your partner.

    ReplyDelete
  20. Baccarat - World's #1 Site for Beginners, Online Betting
    Baccarat is one of the most popular งานออนไลน์ casino games 바카라 at US gambling sites. It's a quick, easy-to-use 인카지노 game that's fun and has been played for

    ReplyDelete